Kebijakan Bitcoin di Indonesia Belum Jelas

Kebijakan Bitcoin di Indonesia Belum Jelas : Kebijakan dan peraturan mengenai bitcoin di Indonesia dipandang oleh sebagian kalangan masih belum jelas padahal keperluan sangat mendesak untuk masalah bitcoin – Perkumpulan Pemerhati Bitcoin & Blockchain Indonesia (PPBBI) bekerjasama Internasional Crypto Currency Promotion Organization – Jepang (ICCPO) dalam pengembangan crypto currency atau mata uang digital di Tanah Air.

Seperti diketahui, Jepang salah satu negara yang pemerintahnya sudah mengesahkan mata uang jenis bitcoin tersebut legal untuk transaksi digital.Kerjasama kedua asosiasi itu meliputi pertukaran pengetahuan mengenai pengembangan mata uang digital dengan sistem blokchain. Di mana sistem yang telah berjalan di Jepang akan dipelajari dan diadopsi oleh bitcoin Indonesia.

Ketua PPBBI Erwin Hadiyanto menyatakan bahwa mata uang digital telah diatur pihak pemerintah Jepang dan hal ini bisa diterapkan di Indonesia yang hingga kini tidak memiliki regulasi yang jelas.

“Di Indonesia tidak ada aturan yang pasti, sehingga meminta masukan dari asosiasi crypto currency di Jepang. Nantinya bisa diberi masukan kepada pemerintah untuk membuat regulasi yang tepat,” ujar Erwin pada acara penandatangan kerjasama di Jakarta, Rabu (12/9/2018).

Menurutnya, pertukaran pengetahuan ini dari sisi teknologi blokchain hingga perangkat hukum yang diperlukan untuk mengatur peredaran mata uang digital.”Diharapkan kita bisa memperjelas aturan di Indonesia, sehingga masyarakat tidak ada keraguan (terhadap mata uang digital),” katanya.

Di tempat yang sama, Ketua ICCPO Eisuke Kawamoto menambahkan bahwa Indonesia memiliki potensi yang besar dalam penggunaan mata uang digital dengan sistem blokchain sebab perekonomian Indonesia terus berkembang.

Sehingga hal tersebut perlu diatur dengan regulasi yang tepat dari pemerintah.”Di Jepang sudah dibimbing mengenai crypto currency (sudah diatur pemerintah regulasinya), segingga masyarakatnya tidak ada keraguan?” katanya.